Berikut 5 Hal yang Sebaiknya Dihindari dalam Perawatan Luka Kanker di Rumah

Penyakit kanker sangat mungkin untuk memicu terjadinya luka di bagian luar tubuh, tentunya luka semacam ini tidak seperti luka pada umumnya, karena akan cukup sulit disembuhkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun sebenarnya juga bukan hal yang tak mungkin untuk melakukan perawatan luka kanker di rumah tanpa bantuan dari tenaga medis. Karena memang perawatan harus dilakukan secara disiplin dan setiap waktu, sehingga mungkin akan cukup mahal jika seandainya menggunakan jasa atau layanan dari tenaga medis.

Selama ini pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan penyakit mematikan yang satu ini. apalagi kanker dapat menyerang berbagai bagian tubuh. Termasuk diantaranya adalah di bagian luar tubuh, jika seandainya dibiarkan maka luka tersebut akan semakin parah, mengalami pembusukan bahkan sangat mungkin juga nantinya pasien harus merelakan bagian tubuh tersebut untuk di amputasi, agar luka yang didapatkan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Bahkan sangat mungkin luka yang disebabkan oleh penyakit tersebut nantinya akan mengeluarkan bau atau aroma yang kurang sedap. Seperti diantaranya adalah bau busuk karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri di sekitarnya. Sehingga tak jarang diantara penderitanya yang kemudian mengalami depresi disebabkan oleh hal tersebut. Berikut ini diantaranya beberapa hal yang hendaknya tidak dilakukan dalam perawatan luka kanker tersebut, yaitu:

  • Membiarkan luka dalam kondisi terbuka, dengan membiarkan luka dalam kondisi yang terbuka, maka sangat mungkin nantinya untuk membuat bakteri yang ada di udara luar masuk dan menginfeksinya, sehingga kondisi luka akan bertambah semakin parah bahkan juga mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Sehingga sangat penting menutup luka tersebut setelah diobati agar tidak ada bakteri yang menginfeksi.
  • Kurang aktif atau rajin dalam membersihkan luka, menjaga kebersihan area yang luka adalah bagian yang sangat penting untuk dilakukan secara teratur, guna memastikan agar luka tersebut senantiasa dalam kondisi yang steril, hal ini sudah pasti ada aturan-aturannya yang harus diikuti sesuai dengan petunjuk. Karena jika tidak aktif dalam membersihkan percuma saja, karena berbagai macam bakteri sangat mungkin menginfeksinya.
  • Tidak disiplin dalam menggunakan obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter, sangat penting juga bagi Anda untuk rajin di dalam membaurkan obat, maupun juga mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter untuk mempercepat penyembuhan luka tersebut. Karena tanpa adanya obat-obatan semacam ini sangat mungkin untuk memperparah kondisi luka tersebut.
  • Tidak selektif dalam mengonsumsi makanan, selain perawatan dari luar, sebenarnya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ini juga jadi bagian yang tak kalah penting. Karena ia bisa berdampak baik dengan mempercepat terjadinya penyembuhan luka, namun juga sebaliknya jika makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak dijaga atau sembarangan. Bisa jadi hal tersebut membuat luka tak kunjung sembuh, bahkan akan semakin parah. Untuk itu harus dipatuhi pantangan apa sajakah yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
    Terlalu sering memegang luka, tanpa memastikan tangan yang digunakan untuk memegang luka tersebut bersih, artinya tidak cuci tangan terlebih dahulu. Sehingga bisa memicu terjadinya infeksi bakteri yang bersarang di tangan.

Anda juga dapat mempercayakan perawatan luka kanker di rumah ini oleh tenaga medis atau perawat yang sudah terpercaya, dimana nantinya layanan bisa dipanggil ke rumah. Bisa pilah-pilih tenaga medis yang terbaik hanya dari Aido Health.

Tinggalkan komentar