Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar

Kucing merupakan salah satu jenis binatang peliharaan yang banayk disukai orang-orang, tidak hanya anak-anak, orang dewasa hingga tua pun banyak yang mencintai binatang yang menggemaskan ini. Namun dibalik sifat menggemaskan kucing, terkadang beberapa jenis kucing susah untuk merawatnya, seperti saat memandikan atau pun memotong kuku-kukunya yang panjang dan tajam. Untuk itu bagi kita pecinta kucing harunya tahu bagaimana cara memotong kuku kucing yang benar supaya kucing tidak melukai kalian ketikakalian sedang bermain dengannya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kalian lakuakan;

  1. Yang paling awal yang perlu kalian ketahui ketika ingin memotong kuku kucing adalah janagn sampai memotong habis kuku kucing, namun potong kuku kucing pada ujungnya yang lancip saja, dengan begitu kucing tidak akan merasa tersiksa karena merasa tidak memiliki kuku.
  2. Tekan telapak kaki kucing terlebih dahulu untuk memudahkan kalian dalam memotong ujung kuku kucing, gunakan ibu jari kalian. Cara ini dimaksudkan untuk mengeluarkan kuku kucing tersebut sehingga memudahkan kita untuk memotongnya.
  3. Perhatikan posisi gunting kuku ketika kalian hendak memotongnya, pastikan posisinya sudah sesuai dan usahakan untuk memotong kuku kucing secara vertikal. Karena jika kalian memotong kuku kucing dari samping maka akan menyebabkan kuku kucing pecah dan kucing akan terluka. Hal tersebut pastinya akan menyebabkan si kucing berontak dan bisa saja akan melukai kalian balik.
  4. Potong kuku kucing pada bagian yang benar, jangan sampai memotong bagian kuku terlalu dalam karena karena bisa melukai si kucing. Potong kuku kucing pada bagian yang tipis dan runcing saja. Selain itu jangan sampai memotong jempol kuku kucing.
  5. Potonglah kuku kucing satu persatu dan berhati-hati agar hasilnya juga bagus dan tidak melukai kaki kucing, terlebih pada bagian kaki yang berwarna merah muda.
  6. Beri jarak waktu untuk memotong kuku. Kalian bisa memotong kuku kucing dalam jangka waktu 2 minggu satu kali sampai kuku kaki kucing sudah terlihat runcing kembali.
  7. Latih kucing sejak usia kucing masih bayi untuk terbiasa dipotong kukunya, supaya mereka merasa terbiasa dan tidak merasa terganggu.

Tinggalkan komentar