Ragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Jahe merupakan salah satu jenis rempah khas indonesia, yang sering sekali digunakan untuk memasak. Selain untuk memasak, jahe juga sering dijadikan minuman dengan cara direbus saja atau ditambah campuran bahan alami lainnya untuk menjaga stamina tubuh agar tubuh tetap prima. Jahe ada 2 macam jenis yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe diperkaya berbagai macam kandungan yang mampu menjaga kondisi tubuh.

Beberapa kandungan jahe diantaranya air, serat, karbohidrat, protein, lemak, minereal, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, dan vitamin C. Selain itu jahe juga dikenal dengan kandungan zink, gingerol, dan senyawa fenolik serta antioksidan. Berikut adalah berbagai macam manfaat jahe secara umum, diantaranya;

1. Meningkatkan stamina

Dengan kandungannya yang cukup lengkap, jahe memiliki manfaat dalam menjaga stamina tubuh dan memperkuat imunitas tubuh.

Kandungan jahe yang memiliki manfaat ini adalah curcumin. Selain itu kadar vitamin C dan magnesium, gingerols, dan zink, juga sangat membantu dalam meningkatkan stamina karena kandungan tersebut dapat menjadi antioksidan alami bagi tubuh.

2. Meredakan nyeri

Dengan meminum rebusan jahe secara rutin, akan memberikan manfaat untuk membantu meregakan sakit otot serta radang sendi dan rematik. Sedangkan untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi, bisa dengan cara mengonsumsi air jahe selama dua hari di awal menstruasi. Hal tersebut akan sangat membantu meredakan rasa nyeri yang sering dialami wanita pada umumnya.

Meredakan batuk dan sakit tenggorokan
Dengan kandungan flavonoid, jahe mampu berperan dalam penawar batuk dan peradangan, karena flavonoid memiliki sifat anti oksidan. Selain itu, aroma jahe yang kuat dan khas juga mampu melegakan hidung dan tenggorokan. Karena jahe memiliki kandungan minyak atsiri, sehingga aroma yang timbul dari jahe cukup kuat dan dapat melegakan atau bahkan dapat memberikan efek tenang bagi yang mencium aromanya.

3. Menghilangkan pegal-pegal

Manfaat jahe yang mengahangatkan tubuh, mampu merilekskan otot-otot tubuh sehingga mengurangi rasa pegal, baik karena bekerja atau pun karena olah raga. Selain untuk menghilangkan pegal-pegal, kandungan flavonoid pada jahe merah dianggap mampu untuk mengatasi masalah rematik.

4. Mengurangi sakit kepala

Jahe mampu merangsang peradaran darah menjadi lancar sehingga aliran darah akan lancar dan menjadikan rasa pusing berkurang. Dengan kandungan kamfena pada jahe merah, sangat baik untuk meredakan sakit kepala, dengan cara meminum air rebusannya saja.

5. Obat masuk angin

Dengan kandungan gingerolnya, jahe mampu menghangatkan badan pada musim dignin dan musim hujan. Sehingga mampu untuk mencegah masuk angin.

6. Mengurangi mual dan meningkatkan nafsu makan

Jahe dapat mengurangi produksi gas dalam lambung penyebab mual sehingga akan berdampak pada berkurangnya rasa mual dan meningkatnnya nafsu makan. Aroma jahe mampu meredakan rasa mual, kalian bisa mengoleskan jahe agar dapar tercium aroma jahenya.

7. Obat gangguan pencernaan

Zat aktif yang terdapat pada jahe mampu mencegah produksi enzim pemicu radang yang biasanya sering menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu dengan mengonsumsi jahe merah infeksi dan luka pada lambung juga dapat sembuh, jahe juga mampu menjaga kestabilan asam lambung sehingga mamapu mencegah rasa mual. Sedangakan dengan kandungannya berupa zat zingeron, jahe dapat mencegah radang pada saluran pencernaan.

8. Mengatasi kangker

Beberapa maslah pencernaan, tidak jarang menyebabkan kangker, seperti kangker usus dan kakngker lambung. Bebrapa masalah kangker yang terjadi dalam perut, dipercaya dapat diatasi dengan jahe, dengan berbagai macam kandungan didalamnya, dari antoksidan hingga zink, dipercaya banyak orang untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut.

Tinggalkan komentar