Syarat dan Ketentuan Kredit KPR BRI

Ingin memiliki hunian impian di era yang serba mahal seperti sekarang? Hal tersebut bukanlah perkara mustahil jika Anda sudah mengenal kredit KPR BRI. Kredit yang dikeluarkan oleh Bank Rakyat Indonesia atau BRI khusus untuk perumahan ini menjadi solusi mudah dan cepat.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BRI memberikan Kredit KPR dengan tujuan untuk memfasilitasi masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Lalu apa keunggulan yang ditawarkan BRI untuk jenis kredit yang satu ini? Salah satu keunggulan utamanya yakni proses yang cepat dan mudah. Anda bisa mengajukan pinjaman dengan syarat dokumen yang begitu simple. Proses survey hingga pencairannya pun sangat cepat, jadi cocok untuk Anda yang baru menikah dan ingin hidup mandiri.

Selain itu, bunga yang ditetapkan pun bisa dikatakan cukup minim. Untuk perhitungan bunganya sendiri BRI menentukan besar kecilnya berbanding lurus dengan lama jangka waktu yang Anda pilih. Jadi nanti perhitungannya bisa dilakukan ketika Anda sudah menentukan jangka waktu pelunasan kredit KPR BRI ini.

Syarat Pengajuan Kredit KPR BRI

Syarat yang ditentukan pun sangat sederhana dan sudah bisa diikuti oleh kaum milenial yang berusia di atas 21 tahun. Berikut daftar lengkap syarat untuk mengajukan kredit KPR dari BRI:

1. Formulir
Syarat pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengisi formulir aplikasi KPR BRI. Formulir ini bisa Anda dapatkan melalui website resmi BR di bri.co.id/kpr-bri atau tanyakan langsung ke kantor cabang terdekat.

2. Rekening Britama
Selain mengisi formulir aplikasi KPR BRI, Anda juga wajib memiliki rekening BRItama dengan saldo tertentu. Pada penjelasan detailnya, BRI juga menetapkan pendapatan minimal nasabah yang ingin mengajukan kredit KPR BRI, yakni minimal Rp. 3.000.000,- per bulan.

3. Usia Minimal 21 Tahun
Seperti yang sudah dijelaskan singkat di atas, jika kredit ini sudah bisa dinikmati oleh Anda yang berusia minimal 21 tahun. Syarat lain juga mengatakan Anda yang sudah menikah bisa menggunakan kredit ini tanpa mengesampingkan syarat lainnya.

4. Lokasi
Untuk lokasi tempat tinggal atau lokasi usaha/bekerja/praktik debitur harus berada di kantor yang sama dengan Kantor Cabang BRI tempat Anda mendaftar. Jadi ketika Anda mendaftarkan diri pada Kantor Cabang BRI Sleman Yogyakarta, maka lokasi tempat tinggal pun harus berada di Sleman Yogyakarta. TujuanĀ penetapan syarat ini adalah untuk mempermudah survey dari pihak BRI.

5. Dokumen
Selanjutnya Anda perlu melampirkan beberapa dokumen kredit yang terdiri dari copy KTP, copy KK, pas foto suami/istri terbaru, NPWP, surat keterangan gaji dan lain sebagainya.

Dokumen tersebut nantinya akan dibutuhkan sebelum survey dan sebagai bahan pertimbangan apakah kredit KPR BRI yang Anda ajukan bisa direalisasi atau tidak.
Mudah bukan? Jadi tak ada lagi alasan Anda tak bisa memiliki rumah sendiri meski masih berusia muda.

Tinggalkan komentar